Kelas yang tersedia

Bahasa Indonesia MBS B-
Fiqh Klasik

Membahas yurisprudensi ulama skolastik yang berkaitan dengan ibadah.

  • Pengajar: M. Asgar Muzakki
  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
Ilmu Tauhid / Kalam

Ilmu Tauhid ialah ilmu yang harus dipelajari dan kuasai, terlebih bagi seorang akademisi muslim, melalui pengetahui materi ilmu tauhid seorang bisa lebih mengenal dan meningkatkan keimanan tentang Rabnya dengan bukti-bukti yang tersurat maupun tersirat. sedangkan ilmu kalam membuat keimanan itu bisa dirasakan dan dipertahankan melalui nalar yang benar. 

Pancasila

Pancasila adalah dasar filsafat negara Republik Indonesia yang resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, diundangkan dalam Berita Republik Indonesia tahu II No. 7 bersama-sama dengan batang tubuh UUD 1945

Tahfizh Hadits 1

Menghafal hadits sangat memudahkan dan membantu kita dalam menelaah dan memahami teks-teks agama. terlebih alqur'an dan hadits memiliki hubungan yang tak terpisahkan. hadist menjadi penjelas terhadap ayat-ayat alqur'an. bahkan ada anjuran untuk menghafal paling tidak 40 hadits yang membahas pokok-pokok agama. pada perkuliahan ini kita akan mencoba memahami dan menghafal hadits arbai'in imam nawawi dan mengambil faedah hadist untuk dijadikan pedaman di dalam berkehidupan. 

Studi Tafsir di Indonesia

Mata kuliah ini menyajikan pengetahuan tentang studi kitab perkembangan Tasfsir di Indonesia yang membahas pada sisi metode dan corak tafsir pada kitab-kitab yang ditulis oleh Ulama Indonesia. Sehingga, Mahasiswa dapat mengetahui juga memahami metode dan corak yang terdapat dalam khazanah tafsir Indonesia.

  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
Daqu Method
Fiqih Klasik
Bahasa Indonesia
Pendidikan Kewarganegaraan (A)

Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis, serta memecahkan masalah- masalah yang berkaitan dengan kewarganegaraan, memiliki pengetahuan mengenai pendidikan kebangsaan, demokrasi, dan hukum. Selain itu mahasiswa memiliki wawasan, sikap, dan perilaku yag berlandaskan pada prinsip-prinsip kehidupan kewarganegaraan Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sehingga tumbuh orientasi mahasiswa dalam memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hukum, penghargaan atas keragamaan dan partisipasinya membangun bangsa berdasar Pancasila. Mata Kuliah Kewarganegaraan (Civic Education) meliputi tiga materi pokok yaitu Demokrasi, HAM, dan Masarakat Madani (Civil Society)


PANCASILA
Perkembangan kehidupan kenegaraan Indonesia mengalami perubahan yang sangat besar terutama berkaitan dengan praktek kenegaraan pasca reformasi, yang telah melakukan amandemen UUD 1945. Selain itu dewasa ini keprihatinan akan rapuhnya nasionalisme Indonesia, mengingat selama reformasi Pancasila telah dikubur hidu[-hidup selama 15 tahun oleh bangsanya sendiri, sehingga generasi bangsa dewasa ini telah kehilangan memori tentang apistemologi (pengethauan) Pancasila.
Pancasila

Pancasila adalah dasar filsafat negara Republik Indonesia yang resmi disahkan oleh PPKI pada tangal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, diundangkan dalam Berita Republik Indonesai tahun II N0. 7 bersama-sama dengan batang tubuh UUD 1945

Ulumul Qur`an

1.      Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib jurusan Usuluddin.

2.      Mata kuliah prasyarat Al-Qur’an dan Bahasa Arab.

3.      Mata kuliah ini akan  member pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentangulumul Qur’an secara umum.

  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
Public Speaking

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan praktik berkomunikasi secara lisan yang dilakukan di depan publik seperti presentasi ilmiah, pidato formal maupun informal

Pendidikan Kewarganegaraan B

Mata   Kuliah   Konsep   Dasar   Kewarganegaraan   mahasiswa dalam memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hukum,  penghargaan atas keragamaan dan  partisipasinya membangun bangsa berdasar Pancasila. demokrasi, kesadaraan akan hukum dan hak asasi manusia, pengahargaan terhadap keragaman dan berpartisipasi dalam membangun bangsa dan negara berdasarkan pancasila dan UUD NKRI 1945

Pancasila IAT C

Mata kuliah ini memberikan dasar pemahaman tentang konsep dasar Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan segala hal yang terkait dengan eksistensi dan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di setiap  bidang pembangunan. Dalam mata kuliah ini dibahas Pengantar Mata Kuliah, Pancasila dalam Kajian, Sejarah Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi negara, Simbol-simbol Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Sistem Etika, dan Pengamalan Pancasila (Analisis hakikat Pancasila)

Studi Islam
Studi Islam (SI) merupakan salah satu disiplin keilmuan Islam yang  masih satu rumpun dengan PAI, serta  termasuk kategori komponen mata kuliah wajib diambil oleh setiap mahasiswa yang sedang menempuh program Strata Satu (S1) yang lebih dikenal mata kuliah umum (MKU) di Institut Daarul Qur’an khususnya dan Perguruan Tinggi lain pada umumnya. serta bertujuan menyiapkan Lulusan Sarjana yang memiliki Kompetensi IPTAK, hal ini sejalan dengan amanat UUD 1945. yakni “Ketuhanan yang Maha Esa”.
Adapun pokok-pokok teoritis mata kuliah ini, yakni membahas tentang kajian ke-Isalaman dengan menggunakan berbagai macam pendekatan, baik pendekatan secara doktrinal-normatif maupun historis-emperis.
Public Speaking
Pend Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang mengingatkan kita akan pentingnya nilai-nilai hak dan kewajinan suatu warga negara agar setiap hal yang di kerjakan sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa dan tidak melenceng dari apa yang di harapkan. Karena di nilai penting, pendidikan ini sudah di terapkan sejak usia dini di setiap jejang pendidikan mulai dari yang paling dini hingga pada perguruan tinggi agar menghasikan penerus –penerus bangsa yang berompeten dan siap menjalankan hidup berbangsa dan bernegara.

  • Pelajar terdaftar: 25
Pancasila IAT D

Mata kuliah ini memberikan dasar pemahaman tentang konsep dasar Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan segala hal yang terkait dengan eksistensi dan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di setiap  bidang pembangunan. Dalam mata kuliah ini dibahas Pengantar Mata Kuliah, Pancasila dalam Kajian, Sejarah Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi negara, Simbol-simbol Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Sistem Etika, dan Pengamalan Pancasila (Analisis hakikat Pancasila)

Ulumul Hadits 1

Materi Ulumul Hadits ialah materi penting yang harus dipelajari dan dikuasai bagai para calon sarjanawan ushuluddin. Tidak hanya bagi para muhaddist muda, para mufassir muda juga harus mengentahui istilah2 populer yang digunakan dalam periwatan hadits. sehingga bisa merujuk kepada informasi yang benar dalam menafsirkan dan memahami kandungan ayat-ayat al-Qur'an.   

Ulumul Qur`an

1.      Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib jurusan Usuluddin.

2.      Mata kuliah ini akan  memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentangulumul Qur’an secara umum.

  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
Ushul Fiqih
  • Pelajar terdaftar: 12
Ulumul Qur'an 2

ini adalah matakuliah Ulumuln Qur'an 2

Studi Kitab Tafsir Klasik

Mata kuliah ini menyajikan pengetahuan tentang studi kitab tafsir klasik yang membahas pada sisi metode dan corak tafsir pada kitab-kitab yang ditulis oleh Ulama masa klasik. Sehingga, Mahasiswa dapat mengetahui juga memahami metode dan corak yang terdapat dalam khazanah tafsir klasik.

Ushul Fiqh

Materi Ushul Fiqh

Ulumul Hadits 2

Ulumul Hadist 2 ialah materi penyempurnaan dari ulumul hadits 1 pada semester 2 dulu. dikaji didalamnya lebih mendalam terkait macam2 istilah yang digunakan di dalam ilmu hadits. baik yang berkaitan dengan periwayatan haditst, matan hadits ataupun keduanya. 

Pengantar Ilmu Komputer

Disiplin Ilmu Komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah Alan Turing dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930-an berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rule system. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.

Penemu algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup di masa tahun 770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini. Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920, dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930.

Kewarganegaraan
Daqu Method
Fiqih Klasik
  • Pelajar terdaftar: 11
Pendidikan Pancasila

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memiliki sikap tanggung jawab sebagai warga negara yang baik sesuai hati nurani, memaknai nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia dan perbikir secara komprehensif integral tentang persoalan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan pedoman pada nilai-nilai Pancasila. Mata kuliah ini bertujuan juga agar mahasiswa mampu memahami pemecahan masalah sosial politik dalam perspektif yuridis kenegaraan dilandasi nilai-nilai keadilan dan toleransi, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan berparadigma pada Pancasila yang dilandasi nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab dan toleransi

PENGANTAR STUDI ISLAM
Kewarganegaraan

Selamat Datang di Kelas Kewarganegaraan

Mata   Kuliah   Konsep   Dasar   Kewarganegaraan   mahasiswa dalam memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hukum,  penghargaan atas keragamaan dan  partisipasinya membangun bangsa berdasar Pancasila. demokrasi, kesadaraan akan hukum dan hak asasi manusia, pengahargaan terhadap keragaman dan berpartisipasi dalam membangun bangsa dan negara berdasarkan pancasila dan UUD NKRI 1945

Bahasa Indonesia

Assalamu'alaikum wr.wb, Selamat datang di perkuliahan Bahasa Indonsesia.

Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi dimaksudkan untuk membekali mahasiswa sebagai seorang sarjana dalam bidang  masing-masing. Sebagai seorang yang ahli di bidangnya, dituntut untuk dapat menunjukkan keahliannya. Hal itu dapat dilakukan dengan cara, antara lain, menyampaikan ilmu tersebut secara lisan atau secara tulisan. Keduanya dapat dilakukan dengan baik jika mahasiswa menguasai alat untuk menyampaikannya, yaitu bahasa, dalam hal ini bahasa Indonesia.

Semangat!! Bismillah

Ulumul Qur`an BKPI

1.      Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib jurusan Usuluddin.

2.      Mata kuliah ini akan  member pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentangulumul Qur’an secara umum.

Psikologi Agama

Psikologi Agama sebagai sebuah disiplin ilmu akan membahas tentang perkembangan jiwa keagamaan pada manusia di tingkat usianya, tentang agama dan kesehatan mental, serta pengaruh kebudayaan dan pendidikan terhadap jiwa keagamaan seseorang.

  • Pelajar terdaftar: 10
Psikologi Perkembangan

Mata kuliah ini membahas konsep dasar perkembangan dan paradigma psikologi perkembangan islami.  Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif, sosial emosional masa prenatal, neonatal, usia dini, dan remaja. Tahapan perkembangan manusia dalam perspektif psikologi Islami. Pengenalan teori perkembangan psikodinamika, kognitif, behavioristik, humanistic, Tashawuf AL-Gazali, Ibn Sina, serta konsep manusia dalam perspektif psikologi Islam dan relevansi dengan psikologi barat

DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING (WEEKDAY)

Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat datang di Mata Kuliah Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling.

Psikologi Umum (Weekday)

Mata Kuliah Psikologi Umum, Kelas Weekday (Reguler) Senin 09.30 - 11.00 WIB.

  • Pelajar terdaftar: 11
SOSIOLOGI  PENDIDIKAN

Mata kuliah Sosiologi Pendidikan 

Sosiologi Pendidikan adalah salah satu mata kuliah inti keilmuan di program studi sosiologi. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan program studi itu sendiri yakni menghasilkan sarjana yang menguasai konsep teoretis sosiologi secara umum dan konsep teoretis bidang-bidang kajian sosiologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. Disamping itu,menghasilkan sarjana yang mampu mengaplikasikan konsep, teori dan metode sosiologi dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.


Psikologi Agama (weekend)
  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
SOSIOLOGI PENDIDIKAN [BKPI Weekend]

Sosiologi pendidikan adalah studi mengenai bagaimana institusi publik dan pengalaman individu memengaruhi pendidikan dan hasilnya. Studi ini lebih mempelajari sistem sekolah umum di masyarakat industri modern, termasuk perluasan pendidikan tinggilanjutdewasa, dan berkelanjutan. Pendidikan selalu dilihat sebagai usaha manusia optimistik mendasar yang dikenali dari aspirasi untuk kemajuan dan kesejahteraan.[2] Pendidikan dipahami oleh banyak orang sebagai usaha untuk mencapai kesetaraan sosial yang lebih tinggi dan memperoleh kekayaan dan status sosial. Definisi Sosiologi pendidikan secara umum
Ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis.

Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (weekend)
Psikologi Perkembangan

Mata kuliah ini membahas konsep dasar perkembangan dan paradigma psikologi perkembangan islami.  Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif, sosial emosional masa prenatal, neonatal, usia dini, dan remaja. Tahapan perkembangan manusia dalam perspektif psikologi Islami. Pengenalan teori perkembangan psikodinamika, kognitif, behavioristik, humanistic, Tashawuf AL-Gazali, Ibn Sina, serta konsep manusia dalam perspektif psikologi Islam dan relevansi dengan psikologi barat.

  • Pengajar: Fadhila Rahman
  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
Psikologi Umum (Weekend)

Mata Kuliah Psikologi Umum, Kelas Weekend. Jumat 13.30 - 15.00 WIB.

  • Pelajar terdaftar: 20
FIQIH Klasik
Daqu Method
Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan

Mata   Kuliah   Konsep   Dasar   Kewarganegaraan   mahasiswa dalam memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hukum,  penghargaan atas keragamaan dan  partisipasinya membangun bangsa berdasar Pancasila. demokrasi, kesadaraan akan hukum dan hak asasi manusia, pengahargaan terhadap keragaman dan berpartisipasi dalam membangun bangsa dan negara berdasarkan pancasila dan UUD NKRI 1945


Pendidikan Pancasila

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memiliki sikap tanggung jawab sebagai warga negara yang baik sesuai hati nurani, memaknai nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia dan perbikir secara komprehensif integral tentang persoalan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan pedoman pada nilai-nilai Pancasila. Mata kuliah ini bertujuan juga agar mahasiswa mampu memahami pemecahan masalah sosial politik dalam perspektif yuridis kenegaraan dilandasi nilai-nilai keadilan dan toleransi, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan berparadigma pada Pancasila yang dilandasi nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab dan toleransi

21.03.B1 (Entrepreneurship)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan dan menjadikan pola hidup berwirausaha dengan mengelola usahanya dengan baik dan benar. Serta mampu  menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui proses berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang

Sosiologi Pendidikan

Mata kuliah ini membahas mengenai hakikat sosiologi pendidikan (pengertian, tujuan dan ruang lingkup dalam sosiologi pendidikan); pendidikan dan masyarakat; pendidikan dan stratifikasi sosial; masyarakat dan kebudayaan sekolah; perubahan dan pembentukan sosial budaya melalui pendidikan; dinamika sosial pendidikan melalui keluarga; pendidikan multikultural dalam masyarakat; sosialisasi dan penyesuaian diri di sekolah; masyarakat dan pendidikan; dan teori interaksionisme simbolik memahami tindakan sosial.

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah membawa misi pendidikan moral bangsa, membentuk warga negara yang cerdas, demokratis, dan berakhlak mulia, yang secara konsisten melestarikan dan mengembangkan cita-cita demokrasi dan membangun karakter bangsa.

Daqu Method
Sosiologi Pendidikan PGMI

Mata kuliah ini membahas mengenai hakikat sosiologi pendidikan (pengertian, tujuan dan ruang lingkup dalam sosiologi pendidikan); pendidikan dan masyarakat; pendidikan dan stratifikasi sosial; masyarakat dan kebudayaan sekolah; perubahan dan pembentukan sosial budaya melalui pendidikan; dinamika sosial pendidikan melalui keluarga; pendidikan multikultural dalam masyarakat; sosialisasi dan penyesuaian diri di sekolah; masyarakat dan pendidikan; dan teori interaksionisme simbolik memahami tindakan sosial.


Pembelajaran IPA

Di perkuliahan kali ini, kita akan membahas tentang hakikat pembelajaran IPA dan proses perencanaan pembelajaran IPA  SD, yang mencakup penyediaan media pebelajaran IPA, strategi pembelajaran IPA, serta alat evaluasi pembelajran IPA.

Pengantar Studi Islam

Pengantar Studi Islam (PSI), merupakan sebuah mata kuliah yang berupaya mengkaji keislaman dengan wilayah telaah materi ajaran agama dan fenomena kehidupan beragama. Pendekatan yang dilakukan biasanya melalui berbagai disiplin keilmuan, baik yang bersifat doktrinal-normatif maupun historis-empiris.
Dari disiplin ini kemudian bermunculan berbagai cabang keilmuan seperti ilmu fikih, ilmu akidah, ilmu tafsir, ilmu Hadits, sejarah Islam, psikologi Islam, antropologi Islam, sosiologi Islam, dan lain-lain.
Pembagian studi tentang Islam yang bersifat doktrinalnormatif dan historis-empiris memang harus dilakukan, karena dalam kenyataan, seperti yang dikatakan oleh Jacques Waardenburg, harus dibedakan antara data dan informasi tentang Islam yang dilakukan oleh masyarakat Islam dengan data dan informasi tentang Islam yang bersifat doktrinalnormatif.
Kajian tentang Islam yang bersifat historis-empiris biasanya dilakukan di berbagai perguruan tinggi, tidak saja tentang yang dianggap benar oleh orang Islam, tetapi juga tentang yang hidup atau terjadi di tengah masyarakat muslim dalam bentuk ekspresi-ekspresi keagamaan yang faktual.
  • Pelajar terdaftar: 17
Pembelajaran Aqidah AKhlak MI/SD

Mata kuliah pembelejaran Aqidah Akhlak MI/SD merupakan mata kuliah rumpun pendidikan agama Islam, yang mana mata kuliah ini membahas tentang teori-teori pembelajaran Aqidah Akhlak yang meliputi Standar Kompetensi, sehingga mahasiswa dapat menjadi tenaga pengajar/guru materi pembelajaran Aqidah Akhlak di sekolah formal yang profesional yang terintegritas antara kemampuan IPTAQ dan IPTEK serta berkarakter Qur'an.

PGMI Strategi dan Evaluasi Pembelajaran

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di mata kuliah Strategi dan Evaluasi Pembelajaran. 

Bahasa Indonesia MBS A
Filsafat Ilmu

Sebuah pengantar filsafat ilmu, agar menjadi dasar kita semua dalam belajar seluruh ilmu pengetahuan 

Pengantar Studi Islam

Mata kuliah ini mengkaji metoda-metoda dan strategi dalam memahami berbagai kajian keislaman yang terkait dengan wacana dan isu-isu kajian yang berkembang di masyarakat dengan prespektif keilmuan lainnya. 

Untuk mengantarkan pada kemampuan tersebut, maka kuliah dan diskusi dalam matakuliah ini lebih difokuskan pada pengantar metodologi, prosedur, dan cara kerja dalam mengkaji berbagai fenomena keagamaan Islam, baik Islam sebagai gejala budaya, gejala sosial, maupun gejala kealaman, sehingga memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan melakukan studi bidang ke-Islam-an.

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah membawa misi pendidikan moral bangsa, membentuk warga negara yang cerdas, demokratis, dan berakhlak mulia, yang secara konsisten melestarikan dan mengembangkan cita-cita demokrasi dan membangun karakter bangsa. Sedangkan visi pendidikan Kewarganegraan adalah mewujudkan proses pendidikan yang terarah pada pengembangan kemaampuan individu, sehingga menjadi warga Negara yang cerdas, partisipatif, dan bertanggung jawab. Dengan demikian akan membentukwarga negara Indonesia yang didasarkan pada Pancasila dan karakter positip masyarakat Indonesia. Dimensi manusia sebagai makhluk individual, makhluk sosial, makhluk susila, dan makhluk religi dalam kedudukan kita sebagai warga Negara Indonesia, hendaknya dikembangkan secara seimbang. Dimensi manusia tersebut secara konsisten diperjelas dan dipertajam di dalam memandang dirinya sendiri dengan potensi diri pribadi, dan pengembangan kerjasama dengan orang lain untuk membawa keunggulan bangsa dan Negara, serta kepatuhannya untuk mematuhi norma-norma dalam masyarakat, dan aktualiasi dirinya untuk bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, hal itulah merupakan beberapa materi Pendidikan Kewarganegraan Indonesia, disamping materi-materi lainnya.

Filsafat Ilmu

Mata kuliah ini memberikan dasar pemahaman tentang dasar-dasar Filsafat Ilmu secara umum

Ulumul Qur"an

Merangkum Semua Topik yang diajarkan

Public Speaking
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang Dasar-Dasar Public Speaking
Bahasa Indonesia MBS B
Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah membawa misi pendidikan moral bangsa, membentuk warga negara yang cerdas, demokratis, dan berakhlak mulia, yang secara konsisten melestarikan dan mengembangkan cita-cita demokrasi dan membangun karakter bangsa
Pengantar Studi Islam

Mata kuliah ini mengkaji metoda-metoda dan strategi dalam memahami berbagai kajian keislaman yang terkait dengan wacana dan isu-isu kajian yang berkembang di masyarakat dengan prespektif keilmuan lainnya. 

Untuk mengantarkan pada kemampuan tersebut, maka kuliah dan diskusi dalam matakuliah ini lebih difokuskan pada pengantar metodologi, prosedur, dan cara kerja dalam mengkaji berbagai fenomena keagamaan Islam, baik Islam sebagai gejala budaya, gejala sosial, maupun gejala kealaman, sehingga memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan melakukan studi bidang ke-Islam-an.

 Public Speaking

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan praktik berkomunikasi secara lisan yang dilakukan di depan publik seperti presentasi ilmiah, pidato formal maupun informal

Ulumul Quran

Al-Qur`an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Secara garis besar al-Qur`an mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak. Untuk dapat memahami, dan menafsirkan  al-Qur`an tidak cukup dengan hanya berbekal pengetahuan bahasa Arab, melainkan dibutuhkan berbagai macam ilmu guna untuk mengungkap makna yang terkandung dalam al-Qur’an, yang di antaranya adalah dengan Ulumul-Qur’an. Dengan demikian, Ulūmul-Qur’ān adalah ilmu yang urgen dalam studi Islam. Dengan ilmu ini dapat membantu untuk membaca dan memahami kandungan al-Qur`an, serta mengungkap hikmah disyari’atkannya suatu aturan yang pada gilirannya dapat menghayati dan mengamalkan ajarannya. Juga, dengan ilmu ini akan diketahui segala ihwal al-Qur’an sejak diturunkannya hingga saat ini. Ilmu ini juga  dapat dijadikan senjata untuk berargumentasi atau melawan persepsi kalangan yang tidak simpati terhadap Islam.

Tak dapat dipungkiri bahwa Ulumul Qur`an sebagai salah satu metode untuk memahami al-Qur`an, tentunya mempunyai keterkaitan dengan studi keislaman lainnya. Hal ini karena seluruh studi keislaman selalu diupayakan ada rujukannya dalam al-Qur’an, baik secara tersurat maupun tersirat. Dalam Ulumul-Qur`an dibahas tentang ilmu-ilmu yang berkaitan dengan al-Qur`’an. Di antaranya dari aspeksejarahnya seperti pengumpulannya, penulisannya, sebab turunnya, Makkiyah dan  Madaniyahnya, serta nashk-mansūkh-nya. Juga, dibahas tentang ilmu-ilmu Qirā’ah al-Qur’an, I’jāz al-Qur’an, al-Munāsabah. muĥkamāt dan mutasyābihāt, tarjamah, tafsīr, ta`wīl, dan ragam metode tafsir al-Qur`an. Seluruh ilmu tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu mahasiswa dalam memahami dan menafsirkan al-Qu`an.

Filsafat Ilmu MBS

Filsafat Ilmu merupakan bagian dari filsafat khusus yang mengkaji mengenai satu dari bidang kehidupan manusia, yaitu ilmu. Ilmu yang dimaksud adalah pengetahuan ilmiah, bukan saja ilmu pengetahuan alam, tetapi juga ilmu pengetahuan sosial. Filsafat ilmu mempertanyakan mengenai hakikat ilmu. Filsafat ilmudiharapkan membantu mahasiswa mengetahui posisi keilmuannya, kemudian mengkonstruk keilmuannya berdasarkan cabang ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

Ulumul Quran
  • Pengajar: Lalan Sholahuddin
  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
Bahasa Indonesia

ini adalah matakuliah Bahasa Indonesia oleh Ibu Fany

Public Speaking
Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank

Mata Kuliah Bank & Lembaga Keuangan Non Bank

Fiqih Muamalah Kontemporer

Mata Kuliah ini Wajib diikuti di semester 3

MIKRO EKONOMI

MATA KULIAH WAJIB DI SEMESTER 3

Bahasa Inggris

Semester 3 bahasa Inggris adalah fokus pada kemampuan menulis.

Komunikasi Bisnis

Memahami Komunikasi Manusia

FIQIH MUAMALAH

DIAMBIL DARI RPS

Komunikasi Bisnis
Bahasa Inggris

Semester 3 di titik beratkan pada kemampuan Menulis dengan benar

Filsafat Ilmu
  • Pelajar terdaftar: 60
Daqu Method
Kewarganegaraan
Tafsir Hadis Mu'amalah

Overview seputar kajian tematik ayat-ayat dan hadis mu'amalah

  • Pengajar: M. Asgar Muzakki
  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
Qawaidul Fiqhiyyah

Mata Kuliah Qawaidul Fiqhiyyah merupakan mata kuliah  dasar yang harus dimiliki seorang akademisi hukum syari'at Islam sebagai landasan dasar pengetahuan ilmu hukum islam

Hukum Tata Negara
Fiqih Klasik
  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
Bahasa Indonesia HES

Assalamu'alaikum teman-teman semua.. 

Selamat datang di e-learning matakuliah Bahasa Indonesia.
Melalui matakuliah ini, nantinya kita akan sama-sama belajar mengenal dasar-dasar dari konsep berbahasa Indonesia secara baik dan benar dan bagaimana penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga teman-teman dapat menerima matakuliah ini dengan baik, sehingga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua kedepannya. Aamiin..

Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman dapat menghubungi saya melalui : 
No. HP/WA : 085374042067 
Email : akmillah@gmail.com 

Terimakasih, 
Wassalamu'alaikum.. 

Ttd, 
Akmillah Ilhami, M.Pd.

Public Speaking

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan praktik berkomunikasi secara lisan yang dilakukan di depan publik seperti presentasi ilmiah, pidato formal maupun informal

Ulumul Quran
Fiqih Ibadah
Daqu Method
Kewarganegaraan
Kuliah SBJS

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Berikut adalah jadwal perkuliahan tatap muka bersama dengan para Pemangku Matakuliah pada program SBJS

1. Fadilla Rahman, Kewarganegaraan, Rabu, 4 november, Jam 10:00 WIB

2. Fitri Husaibatul, Bahasa Indonesia, Kamis 5 November, jam 10.00 WIB

3. Khoirun Nidhom, Ilmu Tajwid/Tahsin, 3 November, jam 9

4. Jaka Ghianovan, Ulumul Qur'an, 06-11-2020, Pukul 10.00

5. Sri Mulyono,

Public Speaking, Rabu, 4 November Jam 13.00 WIB

6. Ustadz Mahfuz Fauzi, Rabu 28 Oktober 2020 Jam 13:00 WIB

7. Ust Zulfarizal, Ulumul Hadits , 5 November 2020, jam 08:00-09:00

8. Ust Zulfarizal Akhlak Tasawuf , 5 November 2020, jam 13:00 - 14:00

9. Psikologi Perkembangan anak,......

10. Ilmu Kalam/Ilmu Tauhid, Jum'at 6 November jam 10:00

11. Daqu Method, Jum'at 6 November jam 09:00 WIB

12. Pengantar Studi Islam, senin 9 November 2020, jam 10:00 WIB

13. Pendidikan Pancasila selasa 10 November 2020, jam 10:00 WIB

InsyaALLAH melalui Google Meet atau Zoom

Link Tertera di kelas E-learning

Terimakasih

InsyaALLAH melalui Google Meet atau Zoom

Link Tertera di kelas E-learning

Terimakasih

*note: Absen dilakukan dikelas E-Learning masing-masing